Selasa, 08 Januari 2013

Kesiapan Menghadapi Ujian Nasional

 
 
Memasuki bulan juli, tahun ajaran baru sudah dimulai. Mulai dari kelas 1 SD sampai 3 SMA baik swasta maupun negeri pasti disibukkan dengan agenda-agenda pendidikan untuk satu tahun ajaran kedepan. Masa-masa liburan sudah terlewat, sudah saatnya kita memikirkan masa depan, bukan hari kemarin.

Bagi kelas 6 SD, 3 SMP, dan 3 SMA, semua agenda pendidikan bermuaranya pasti di Ujian Nasional 2013. Di yakini atau tidak target semua siswa adalah lulus Ujian Nasional. Mau tak mau siswa harus bekerja keras dan dituntut untuk siap lulus pada waktunya nanti. Bagi kelas 3 SMA Ujian Nasional adalah modal awal untuk ikut SNMPTN. Inilah mengapa Kesiapan mental, akademis dan kesehatan harus ada pada semua siswa untuk mengikuti Ujian Nasional 2013.

Kesiapan Menghadapi Ujian Nasional
Kesiapan ini tentu tak didapat hanya dengan membayar uang sekolah, berangkat sekolah pagi-pagi atau menuruti semua keinginan guru. Tanpa adanya kesadaran akan diri sendiri, mustahil siswa dapat siap 100% menghadapi Ujian Nasional 2013. Untuk lulus, siswa harus menyusun strategi jitu dan terstruktur untuk menciptakan diri sendiri menjadi siap menghadapi Ujian Nasional 2013. Sekarang pertanyaannya bagaimana strategi jitu yang dimaksudkan? Apa dengan mempersiapkan strategi nyontek nantinya? Bukan itu yang dimaksud. Dalam hal ini strategi yang dimaksud adalah mengerti akan diri sendiri. Kisi-kisi Ujian Nasional 2013 yang nantinya di release oleh BSNP bisa dijadikan tolak ukur kesiapan siswa menghadapi Ujian Nasional 2013.

Motivasi dan cara belajar tiap individu berbeda, jadi yang tau pasti cara memotivasi dan cara belajar yang tepat adalah diri siswa sendiri. Guru dan orang tua, atau yang lainnya hanya bisa memberikan motivasi dan advice yang bersifat umum dan hanya sedikit berefek pada strategi yang tepat. Mulai sekarang saat semua sudah memulai ancang-ancang unutk berkompetisi menjadi yang terbaik, siswa harus menyadari kekurangannya dan mulai mengikis kekurangan itu dengan cara yang tepat sesuai yang siswa mengerti dari diri siswa sendiri. Semoga semua siswa yang berusaha memahami dirinya sendiri untuk berubah menjadi yang lebih baik dapat mencapau tujuannya.
Posted by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar