Minggu, 20 Januari 2013

7 Tips untuk Kualitas Sperma Super

7 Tips untuk Kualitas Sperma Super

Tips ini amat penting demi menjaga maskulinitas dan seksualitas kaum lelaki.

Kesuburan lelaki berhubungan dengan maskulinitas dan seksualitas. Karenanya, sangat penting bagi kaum Adam untuk memiliki sperma yang kuat, dan mampu untuk membuahi sel telur perempuan.

Beranjak dari dari situlah kaum lelaki perlu meningkatkan kualitas sperma dengan gaya hidup sehat.

Bagaimana caranya? Berikut tujuh tips yang dapat membantu lelaki menghasilkan kualitas sperma super seperti yang dikutip mensfitness.

Hindari Obat Pencegah Rambut Rontok dan Antidepresan
Zat aktif dalam obat pencegah rambut rontok dan antidepresan dapat mengurangi aktivitas dari hormon lelaki.

Food and Drug Association (FDA) Amerika Serikat bahkan menyarankan kepada produsen kedua obat ini untuk mencantumkan pada label tentang efek samping yang menyebabkan kualitas sperma memburuk.

Antidepresan, termasuk Paxil dan Prozac, juga dapat memengaruhi kesuburan dan berpotensi dapat merusak DNA. Karenanya hindari penggunaan obat ini agar memiliki kualitas sperma super.

Jangan Terlalu Sering Bersepeda
Letak testis yang menggantung di bawah adalah untuk menjaga suhunya tetap rendah, yaitu sekitar 2,8 derajat celcius, lebih dingin dari suhu tubuh. Bersepeda dapat menekan dan membuat testis menempel pada suhu tubuh.

Bila suhu testis lebih panas dari yang seharusnya, maka dapat memperburuk kualitas sperma. Selain itu tekanan berkepanjangan dari sadel sepeda juga dapat berpotensi merusak arteri dan vena reproduksi.

Karena itu, pilih jenis latihan (olahraga) yang tidak memberi tekanan pada alat vital lelaki. Juga pastikan testis dalam keadaan menggantung sehingga suhunya tetap stabil.

Batasi Mandi Air Hangat
Berendam dala, bak air hangat memang dapat membuat tubuh relaks dan meredakan nyeri otot, kelelahan dan meningkatkan suasana hati (mood). Namun terlalu sering berendam dalam air hangat dapat memengaruhi produksi sperma, karena suhu testis yang terlalu panas dari yang seharusnya.

Minum Kopi di Dosis Rendah
Jumlah kafein dalam dosis rendah bermanfaat untuk kecepatan sperma, tetapi dosis kafein yang terlalu tinggi dapat berakibat buruk bagi sperma. Selain itu, kecanduan kopi dapat meningkatkan masalah kesehatan lain yang lebih besar. Batasi konsumsi kopi tidak lebih dari dua sampai tiga cangkir per hari.

Jangan Tunda Kehamilan Terlalu Lama
Bukan hanya perempuan yang mengalami kesulitan untuk hamil ketika usianya bertambah, tapi lelaki juga memiliki jam biologis tertentu. Kualitas sperma juga akan berkurang seiring bertambahnya usia.

Berhenti Merokok dan Minuman Beralkohol
Alkohol dan nikotin dalam rokok merupakan kombinasi pembunuh sperma dua kali lebih berbahaya daripada faktor lainnya. Nikotin juga telah terbukti menurunkan jumlah dan kualitas produksi sperma berdasarkan berbagai penelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar