Sabtu, 12 Januari 2013

Menjaga Kualitas Vocal

Menjaga Kualitas Vocal

Siapa yang disini penasaran kenapa suara para personel SM*SH bisa merdu banget di telinga?

Kali ini Admin mau kasih beberapa tips buat kamu yang ingin kualitas suaranya tetap sehat. Siapa tahu nanti bisa di ajak duet sama SM*SH :)

  1. Jaga Kesehatan. Ini WAJIB hukumnya. Nggak ada orang yang mampu bernyanyi kalau kondisi badannya nggak sehat. Bukan cuma badan aja, pikiran kita juga harus sehat ya.
  2. Atur pola makan kamu. Idealnya hindari makanan yg terlalu asin, pedas, alkohol, kafein, gula, dsb.
  3. Cukupi kebutuhan cairan. Hindari dehidrasi. Perbanyak minum air putih 7 - 8 gelas air sehari. Pita suara butuh cukup cairan agar tetap lentur.
  4. Hindari MEROKOK karena rokok bisa menyebabkan pita suara kamu iritasi loh. Selain itu kamu perlu menghindari lingkungan berasap, seperti polusi udara di jalan, bar yg penuh asap rokok, dsb. Khususnya jika vokal sedang lelah.
  5. Hindari penggunaan suara yang berlebihan. Jangan berteriak2, kurangi tertawa terlalu keras, batuk dan berdaham terlalu kuat. Jika perlu lakukan sehalus mungkin. Kurangi penggunaan suara beberapa jam sebelum konser. Istirahatkan vokal kita, simpan untuk konser nanti.
  6. Kenali batas suara kamu. Hindari nyanyi di range lagu yang terlalu tinggi sehingga kamu harus memaksa atau berteriak dan biasakan pemanasan vokal sebelum nyanyi (humming, lip trills, dsb). Umumnya 7-10 menit minimal.
Tips-tips tadi bisa menjaga kualitas suara kamu agar tetap prima. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar