Sabtu, 12 Januari 2013

Tips Jadi Penulis Terkenal

Tips Jadi Penulis Terkenal

Banyak yang mengira menjadi penulis itu mudah. Tinggal menulis, beres kan? tapi lain lagi halnya kalau ingin menerbitkan apa yang kamu tulis. Banyak juga yang mengira setelah satu tulisan kelar tinggal mencari penerbit saja. Tunggu Sampai terbit. hmm memang cuma begitu saja? sepertinya sih tidak ya.

Kalau saja tujuanmu menjadi penulis hanya sebagai hobi, bebas aja. Tulislah semau kamu, apa kamu yang suka, beres.

Lain halnya kalau kamu ingin menjadikan menulis sebagai sebuah profesi. Sebagai seorang penulis profesional memang bukan hal yang mudah, setidaknya kamu perlu tahu beberapa hal ini ;

Pertama, kamu harus tahu jenis tulisan seperti apa yang ingin kamu bagi ke pembaca.

Kedua, Kamu harus tahu siapa pembacamu

Ketiga, Kamu harus bisa membaca tren pasar dan menyesuaikan diri tanpa mengubah idealismemu.

keempat, kamu harus tahu media apa yang tepat untuk tuisanmu.

Kelima, kamu harus tahu apa yang kamu tulis. Fiksi? Non FIksi? Biografi? artikel?

Keenam, kamu harus mencari tahu cara memaksimalkan tulisanmu dan kadang-kadang cara menjualnya ke banyak orang.

Sebagai profesional, penting untuk tahu hal-hal tersebut. Karena kamu menulis untuk orang lain. Menulis untuk orang lain, berarti berhubungan dengan editor, proofreader, desainer, penerbit, marketer dan tentu saja pembaca.

Menulis untuk orang lain berarti kamu harus siap dicerca dan dipuji. Tapi hati-hati keduanya bisa sangat berbahaya lho. Kalau kamu kebanyakan di puji kamu bisa jadi besar kepala dan merasa bahwa tulisan kamu sudah benar-benar bagus dan sempurna. Kalau itu terjadi biasanya akan berakibat kamu menjadi malas latihan menulis lagi,

Kalau kamu kebanyakan dicerca (atau mendapat kritikan) bisa jadi kamu akan berhenti menulis. Tapi kalau itu terjadi, kamu salah besar. Harusnya pendapat sedikit orang tidak menyurutkan niatkamu untuk menulis bukan?

Ada banyak cara untuk menjadi penulis profesional. Tapi yang pasti sedari awal kamu sudah harus menentukan target tulisanmu, dan menggunakan media apa saja.

Ada banyak cara untuk memperkenalkan tulisan kita ke pembaca. Ada yang memulai dengan menulis cerpen atau artikel di majalah-majalah, blog atau langsung mencari penerbit untuk di tawarkan.

Cari caramu sendiri yang di rasa paling nyaman. Dan yang pasti harus punya target harian, mingguan atau bulanan. Tidak bisa memanjakan diri dengan berkata "nggak mood, nggak nulis ah".

So..are you ready to be a writer?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar