Sabtu, 12 Januari 2013

7 Gejala Saat Hamil

7 Gejala Saat Hamil

Morning sickness, mual, dan ngidam merupakan gejala yang sering muncul pada wanita hamil. Akan tetapi masih ada beberapa gejala aneh yang kerap muncul pada masa kehamilan. Terkadang, wanita hamil enggan menceritakan gejala yang dialaminya itu kepada dokter kandungan.
Berikut beberapa gejala aneh selama masa kehamilan, seperti dilansir Parenting:
1. Keluar cairan
Keluarnya cairan berwarna kuning atau putih pucat serta menghadirkan aroma tak sedap, gatal dan luka bakar. Jika hal tersebut terjadi konstan selama masa kehamilan, kemungkinan besar Anda mengalami infeksi.
Hal ini karena selama kehamilan Anda mengalami pengingkatkan hormon dalam aliran darah vagina. Cara penanganannya cukup mudah. Gunakan pembalut ringan atau pantyliner atau segera bersihkan daerah kewanitaan Anda dengan menggunakan tisu. Akan tetapi, hindari penggunaan deodoran atau pembersih khusus daerah kewanitaan.
2. Mengeluarkan air seni ketika bersin atau tertawa
Tak hanya saat hamil saja, dalam kondisi normal pun kita dianjurkan untuk mengkonsumsi cairan kurang lebih satu liter perhari. Adanya janin dalam rahim ternyata yang menyebabkan hal ini (kelebihan cairan).
Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk lebih sering 'mengunjungi' toilet. Selain itu, cobalah untuk latihan senam kegel guna meningkatkan otot kandung kemih. Lakukan senam ini maksimal lima kali dalam sehari. Setiap sekali latihan lakukan perhitungan hingga 20 kali.
3. Hidung tersumbat hingga mimisan
Pernahkan Anda merasa seperti pilek, tapi tidak merasakan gejala bahwa Anda terserang flu? Jangan khawatir ini disebabkan karena terjadi peningkatan hormon dan produksi darah yang menyebabkan selaput lendir menjadi membengkak, kering, dan berdarah.
Selain memeriksakan diri ke dokter, Anda juga dapat menggunakan obat tetes hidung dan minum banyak cairan. Jika terjadi mimisan, cobalah miringkan kepala atau arahkan kepala ke atas, jepit hidung hingga pendarahan berhenti.
4. Mendengkur
Kebiasaan mendengkur ketika hamil umumnya terjadi dua kali lebih besar dari kebiasaan normal. Mendengkur saat hamil terjadi karena membran mukosa mengalami pembengkakan. Inilah yang menyebabkan hidung tersumbat kemudian memaksa Anda untuk bernafas melalui mulut. Dalam hal ini, sebelum beranjak ketempat tidur Anda dapat menggunakan obat tetes hidung sesuai dengan resep dokter.
5. Berkeringat
Munculnya air dibawah lengan, tangan, kaki, perut, serta leher. Ini disebabkan oleh metabolisme dalam tubuh yang terjadi lebih cepat. Namun jangan takut, berkeringat sebenarnya merupakan cara untuk mendinginkan tubuh Anda.
6. Mengeluarkan air liur berlebihan
Saat tidur mungkin Anda tak terlalu menyadari bahwa air liur banyak keluar dari mulut Anda. Kondisi ini mungkin kerap dianggap sebagai hal normal. Penyebabnya belum diketahui pasti. Akan tetapi, Anda dapat menyiasatinya dengan mengkonsumsi jus lemon.
Namun, tak jarang Anda juga mengalami gusi berdarah. Ini adalah hal yang umum terjadi, terutama ketika Anda menyikat gigi. Penyebabnya, karena meningkatnya hormon di balik gusi. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk mengganti jenis sikat gigi yang lebih lembut.
7. Muncul benjolan di sekitar payudara
Umumnya ditandai dengan areola yang berubah warna menjadi lebih gelap. Tak hanya itu, muncul pula benjolan kecil yang mengeluarkan cairan di sekitar puting payudara. Perubahan areola ini disebabkan karena hiperpigmentasi hormon, sedangkan benjolan kecil yang muncul di sekitar puting payudara ini merupakan kelenjar yang justru membantu menjaga kulit ketika mengalami 'pembengkakan'.
Ada baiknya menghindari pakaian dengan potongan dada rendah. Selain itu, hindari pula paparan sinar matahari yang membuat hiperpigmentasi permanen. Namun, setelah melahirkan warna pada areola tidak akan kembali seperti semula, dan ini wajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar